Resep MPASI Nasi Tim Ayam Calon Ibu Harus Tau

Resep MPASI Nasi Tim Ayam – Halo sobat herti semuanya tau gak apa itu MPASI, sebagai calon ibu harus tau dong. MP-ASI menjadi makanan peralihan bayi dari yang sebelumnya diberi ASI saat masih usia 0-6 bulan. Nah pas disaat usia 6 bulan keatas asupan bayi tersebut perlu ditambahkan yang namanya pendamping ASI (MPASI). Apalagi bayi membutuhkan banyak nutrisi serta gizi untuk tumbuh kembangnya.

Yang harus diketahui bersama, bahwa pemberian MP-ASI harus dilakukan secara bertahap mengingat kemampuan pencernaan pada bayi masih lemah. Sehingga tidak boleh dipaksakan dan saat pertama pengenalannya harus diperhatikan jumlah maupun bentuknya.

Mpasi Bubur Tim

MPASI Bubur Bayi

Untuk mendukung perkembangan otak dan fisik pada bayi kualitas dan kuantitas penting untuk diperhatikan. Jadi kalu pada minggu-minggu pertama kali diberikan bisa diberikan bubur beras dengan tambahan satu macam sayuran atau buah, misalkan wortel. Kenalkan satu persatu agar si bayi mengenal rasanya serta bentuk makanan yang masuk kemulut. Perlahan motorik mereka akan berkembang dan mulai terbiasa.

Bahaya Memberikan MPASI Belum Pada Waktunya

  • Dapat mengakibatkan rusaknya sistem pencernaan, karena usus dalam tahap pembentukan dan memerlukan enzin sampai usia 6 bulan. Peran ginjal juga belum kuat untuk mengurai sisa makanan yang padat.
  • Dapat mengakibbatkan bayi tersendak karena otot si bayi masih belum dapat mengendalikan gerakan kepala dan leher ketika duduk di kursi. Sudah pasti juga belum mampu menggerakkan bagian mulutnya dengan baik.
    Kemungkinan terjadinya alergi .
  • Kemungkinan mengakibatkan terjadinya obesitas karena terlalu terburu di awal masa perkembangan.

Jenis-Jenis MPASI Yang Perlu Diketahui

  1. Aneka buah-buahan terutama pisang yang memiliki cukup banyak kalori. Selain itu yang paling umum adalah pepaya, jeruk dan juga tomat sebagai sumber vitamin A dan C.
  2. Makanan bayi tradisional meliputi bubur susu buatan sendiri dari 2 sendok makan tepung beras dan susu sapi.
    3. Bisa juga nasi tim saring yang dibuat dari 2 sendok beras dan beberapa potong daging, ikan, hati, tempe, tahu dan juga sayur mayur seperti wortel, tomat, bayam dan air kaldu.
    4. Jika memilih makanan bayi instan yang sudah jadi sebaiknya membeli dengan teliti baik yang dikemas kaleng atau karton.

Baca Juga Artikel Terkait: Resep Membuat Bubur Ayam Jakarta

Untuk membuat menu pendamping ASI seringkali orang tua merasa bingung. Tapi menu yang satu ini sangatlah mudah untuk dibuat dan rasanya pasti enak. Jika sudah punya anak dan butuh MPASI bisa coba resep ini moms. Untuk sarapan si jabang bayi tidak akan membosankan.

Resep MPASI Nasi Tim Ayam Hangat Dan Halus Untuk Sarapan Bayi

Bahan-bahan:

  • Daging ayam secukupnya
  • Nasi secukupnya
  • 1 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 batang daun bawang (optional)
  • garam secukupnya
  • Air kaldu ayam secukupnya

Cara Membuat :

  1. Rebus dulu daging ayam sampai matang dan ambil air kaldunya dengan saringan.
  2. Tiriskan ayamnya, lalu suwir kecil-kecil dan cincang hingga halus.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan terlebih dahulu ya.
  4. Jika tercium harum masukkan air kaldunya dan masak sampai mendidih.
  5. Masukkan nasi dan daging ayam halus. Masak dan sesekali diaduk hingga menjadi bubur.
  6. Tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan, tuang air kaldu ayam. Masak hingga mendidih.
  7. Masukkan nasi dan daging ayam cincang. Masak hingga menjadi bubur sambil sesekali dihaluskan agar nasinya hancur.
  8. Tambahkan garam dan daun banwang secukupnya agar lebih enak dan sedap.

Nah itulah sobat http://herti.malhikdua.com/ artikel tentang resep mpasi nasi tim ayam yang saya rasa bermanfaat yang bisa saya share. Ingat ya, biasanya selama memperkenalkan MPASI, bayi tetap diberikan air ASI ibu sampai usia 24 bulan lamanya. Kebersihan lingkungan juga penting diperhatikan agar tidak gampang kemasukan penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *